I. PENDAHULUAN
Dengan
berjalannya waktu islam muncul menerangi zaman kejahiliyyahan yang
menenggelamkan manusia dalam kesesatan yang nyata, manusia terbuai dengan
kenikmatan dunia yang fana melupakan akhirat yang kekal, melupakan pencipta
yang haq serta menduakannya dengan berhala-berhala yang hina. Islam muncul
menerangi dan menuntun hati manusia menuju kebenaran menggapai ridho ilahi.
Islam terus
berkembang pesat menyebar keseluruh semenanjung arab dan daerah sekitarnya,
beriring dengan itu pula islam melahirkan ulama’ – ulama’ yang cerdas dalam
berbagai disiplin ilmu baik ilmu peradapan islam itu sendiri maupun disiplin
ilmu dalam bidang pertanian, geografi , matematika, dan kedokteran.
Salah satu ulama’
cerdas yang dikenal keahliannya dalam bidang hadits dan tafsir adalah Ibnu
al-‘Arobi berasal dari Andalusia, sebuah kota yang melahirkan banyak
ulama, cendekiawan, dan sastrawan.
II. PEMBAHASAN
A. Biografi Ibnu Al-‘Arobi
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin
Abdullah bin Muhammad Abdullah bin Ahmad bin al-‘Arabi al-Isbili al-Maliki,
tapi beliau lebih dikenal sebagai Abu Bakar. Ayahnya adalah seorang ulama fiqh
yang terkenal dan begitu pula paman dari ibunya, Abu al-Qasim al-Hasan bin Abi Hafs juga seorang ulama’.
Ibnu al-Arabi memiliki kesamaan gelar dengan
Ibnu Arabi yaitu” al–Sufi”, namun begitu mereka berdua dapat dibedakan dengan
alif dan lam. Ibnu al-Arabi mempunyai alif dan lam yang dikenali sebagai ahli
tafsir sedangkan Ibnu Arabi tanpa alif dan lam dikenal sebagai ahli sufi.
Ibnu al-Arabi
lahir di Sevilla (Isybilia) hari kamis 22 Sya’ban 468 Hijriah dan besar di
Andalusia ditengah keluarga yang yang memiliki kedudukan tinggi dalam ilmu
pengetahuan dan dibesarkan dalam suasana keilmuan, oleh karena itu, tidaklah
heran kalau beliau mempunyai keperibadian yang mulia serta pengetahuan yang
tinggi sehingga menjadi salah seorang ulama besar di zamannya. Beliau merupakan
seorang yang senang dengan ilmu, beliau belajar ke Mesir, Yerusalem, Damaskus, dan Baghdad, dan
Kudus. Diantara bidang ilmu yang beliau tekuni antara lain; ilmu fiqh, usul
fiqh, tafsir, qiro’ah sab’ah, hadits, bahasa Arab dan sebagainya dan beliau bermazhab
Maliki.
B. Guru- Guru Beliau
Beliau belajar
kepada banyak guru di antara guru-guru beliau adalah
1. Abu
Bakar Turtus
2. Abu
Abdullah Alkala’i
3. Abu al-Hasan bin Ali bin Muhammad bin Thabit
alhadadi Khawlani seorang qori’
4. Abu Abdullah Muhammad bin Ali al mazari Tamimi
5. Abu al-Hasan ibn Sharif
6. Abu al-Hasan bin Dawud dari Persia
7. Abul Fateh
Nasr bin Ibrahim al-Maqdisi
8. Al-Hafidz Abu Muhammad hayatulloh bin Ahmed Alkafani Anshari dari Damaskus
9. dan Abou
El Fadl Ahmed bin Ali bin Efrat
10. Abu Hussein Mubarak bin Abdul-Jabbar Serafi
dikenal sebagai Ibnu Taiora
11. Abu
Hassan Ali bin Hussein bin Ali bin Ayyub Bazzaz
12. Abu
Bakar Muhammad bin Ahmed bin Al-Hussein Bin Omar Shaashi Shafei
13. Abu Hamid al-Ghazali dan banyak lainnya.
C. Murid- Murid Beliau
a)
Hakim Ayyad bin Musa
b)
Muhammad bin Ayyad
c)
Imam Zahid Abid Abu Abdullah
Muhammad bin Ahmad bin Mujahid Al-Isbiliy
d)
Abu al-Qasim Abdul Rahman bin
Mohammed bin Hubaish
e)
Abu al-Hasan Ali bin Atiq
Qurtubi
f)
Abu Muhammad Abdul Haq bin
Abdul Rahman al-Azdi Kharrat
g)
Abu Muhasan Yusuf bin Abdullah
bin Ayyad dan masih banyak lagi yang lainnya.
D. Kara-Karya beliau:
- ‘Aridhotul Ahwadzi fie Syarh ath-thirmidzi
- Ahkamul Qur’an
- Al-qobas fie syarh mautho’ ibnu anas
- An-naskh wal mansukh
- Al- inshofu fil masaail khilaf, 20 jilid
- A’yanil I’yaan
- Al-mahshuul, fie ushulil fiqhi
- Kitaabul mutakalim
- Qonuunun ta’wiil
- Mulja’atun mutafaqhina ila ma’rufah ghowamid an-nahwiyin.
E. Pengenalan Kitab Ahkam Al-Quran
Kitab
Ahkam al-Quran ini merupakan salah satu kitab yang dikarang oleh Ibnu al-Arabi,
kitab ini merupakan kitab tafsir ayat-ayat hukum yang dijadikan rujukan dalam
mazhab Maliki . Dalam kitab tersebut membahaskan penafsiran dengan mengupas
semua surah-surah yang terdapat dalam al-Quran akan tetapi hanya menerangkan
secara terperinci ayat-ayat hukum saja.
Kaedah
yang digunakan adalah dengan menyebut nama surah, kemudian menyebutkan jumlah
ayat yang mengandungi ayat hukum dan seterusnya menerangkannya satu persatu,
sebagai contoh: dalam penafsiran surah al-Fatihah ayat pertama terdapat dua
masalah hukum, pertama yaitu firman Allah Bismillah… kemudian menyebutkan
pendapat ulama dan dalil-dalil mereka kedua: menerangkan hadis-hadis nabi yang
berkaitan dengan Bismillah. Ayat kedua ada 5 masalah hukum dan seterusnya
sampai selesai tafsiran semua ayat-ayat dalam suatu surah .
Metode Ibnu Al-Arabi Dalam Kitabnya “Ahkam Al-Quran”
1.
Metode Penggunaan Atau Pengaruh Mazhab
Pengaruh
mazhab dalam proses penafsiran ayat-ayat hukum merupakan salah satu perkara
yang perlu diperhatikan karena itu melibatkan permasalahan hukum dan perbedaan
pendapat antara empat mazhab yang masyhur. Tulisan ini akan menjelaskan mazhab
yang digunakan oleh Ibnu al-Arabi ketika menyusun penafsiran tentang ayat-ayat
hukum dan sejauh manakah pengaruh beliau terhadap mazhab Maliki dalam
penafsiran ayat-ayat hukum.
Penelitian
dan kajian telah dibuat terhadap kitab Ahkam al-Quran dan penulis mendapati
bahwa Ibnu al-Arabi telah berpegang teguh dengan mazhab Maliki secara jelas dan
terang, ketika menyelesaikan suatu permasalahan hukum. Terdapat beberapa
petunjuk yang menunjukkan beliau banyak terpengaruh dan berpegang dengan
mazhabnya yang dapat ditemukan dalam kitab tafsirnya, contoh masalah tersebut
dapat dilihat dalam kitabnya mengenai hukum membaca Bismillah dalam solat,
beliau memilih mazhab Maliki yang mengatakan bacaan Bismillah dalam solat tidak
wajib, kemudian memberikan argument yang menguatkan pendapat tersebut . Di
samping itu juga, banyak pendapat-pendapat beliau yang mempertahankan dan
mendukung mazhabnya secara terang-terang atau secara sindiran baik dalam aspek
ilmu, fiqh, dan sebagainya. Beliau juga akan memilih pendapat mazhabnya
sekiranya terdapat perselisihan pendapat diantara ulama tentang suatu masalah .
Namun
begitu, beliau tidak sampai ke tahap yang melampaui batas atau fanatik yang
terlalu tinggi dari kalangan ulama-ulama dan mujtahid-mujtahid mazhab Maliki.
terkadang beliau juga menerima pendapat yang bertentangan dengan mazhabnya
sekiranya pendapat itu lebih tepat dan sesuai diamalkan serta dikuatkan dengan
dalil-dalil dan bukti-bukti yang empiris dari nas al-Quran atau Sunnah,
contohnya pembacaan Amiin bagi ma’mum dalam solat yang imamnya tidak terdengar
bacaan Amiinnya, dalam masalah ini beliau berbeda dengan pendapat Imam Malik .
Kesimpulannya,
tidak ditemukan secara khusus yang memastikan kefanatikanan Ibnu al-Arabi
terhadap mazhabnya dalam kitab tafsirnya secara jelas, begitu juga dari segi
kecenderungan beliau dalam menerima pendapat mazhab-mazhab yang lain. Apa yang
dapat diketaui adalah, Ibnu al-Arabi sangat terpengaruh dengan mazhabnya dalam
penafsirannya terhadap ayat-ayat hukum, tetapi ada kalanya beliau menerima
pendapat mazhab lain yang dianggap lebih tepat dan sesuai untuk diamalkan.
2. Pengaruh Dengan Metode Penafsiran Terdahulu
Jika
dilihat secara umumnya Ibnu al-Arabi banyak mengunakan kaedah sendiri dalam
menafsirkan ayat-ayat hukum yang terdapat didalam al-Quran. Namun begitu,
beliau juga tidak terlepas dari merujuk atau mengunakan kaedah ulama-ulama
tafsir yang terdahulu dalam menafsirkan ayat-ayat hukum. Di antara
rujukan-rujukan dan metode-metode yang telah digunakan oleh Ibnu al-Arabi
adalah seperti berikut :
a)
Metode Tafsir Imam Al-Tobari
Imam
al-Tobari merupakan ulama tafsir yang terkenal, beliau dilahirkan sebelum Ibnu
al-Arabi dilahirkan. Tidaklah heran kalau Ibnu al-Arabi merujuk dan menggunakan
kaedah yang digunakan oleh al-Tobari dalam menafsirkan al-Quran. Sebagai contoh
kaedah yang digunakan oleh Imam al-Tobari dalam kitabnya “ Jami’ al- Bayan an
Takwil ayi al-Quran”, secara dasarnya Ibnu al-Arabi telah menjadikan tafsir
Imam al-Tobari sebagai sumber rujukannya. Adakalanya beliau mengikuti sebagian
dari metode yang digunakan oleh Imam al-Tobari atau sebaliknya.
Pada
kebiasaannya Ibnu al-Arabi mendukung pendapat Imam al-Tobari yang berpegang
dengan al-Quran dan as-Sunnah ketika menerangkan atau menafsirkan suatu ayat
hukum . Namun begitu, kadang-kadang mereka berbeda pendapat dari segi cara
penyampaian, penggunaan bahasa, pembahagian bab dan penjelasan makna dari suatu
perkataan dalam ayat al-Quran. Contohnya, Imam al-Tobari mementingkan
penjelasan makna suatu kalimat secara terperinci dan hanya menjelaskan masalah-masalah
perselisihan pendapat serta hukum-hukum fiqh secara umum, sedangkan Ibnu
al-Arabi mengutamakan penjabaran secara terperinci terhadap masalah-masalah
yang berkaitan dengan hukum-hukum fiqh dari menerangkan makna suatu kalimat
yang terdapat pada ayat al-Quran.
b)
Metode Tafsir Imam Al-Jassos
Imam
al-Jassos merupakan ulama tafsir yang terkenal dalam mazhab Hanafi dengan kitab
tafsirnya yang berjudaul Ahkam al-Quran, nama kitab tafsirnya ini sama dengan
kitab Ibnu al-Arabi, walaupun nama kitab mereka sama tetapi tidak semestinya
metode yang digunakan juga sama. Dari segi persamaan penggunaan metode, Ibnu
al-Arabi dan al-Jassos sama-sama membincangkan tentang ayat-ayat hukum, masalah
perselisihan pendapat dan berpegang kepada al-Quran dan as-Sunnah . Adapun dari
aspek perbedaan penggunaan metode pula, mereka berbeda dari segi susunan bab,
gaya bahasa dan susunan surah, contohnya al-Jassos memulakan tafsirannya dari
Bassmalah, kemudian al-Fatihah dan berakhir dengan surah al-Falaq, sedangkan
Ibnu al-Arabi memulakan tafsirannya dari Bassmalah dan berakhir dengan surah
al-Falaq dan al-Nas sekaligus, al-Jassos dalam menafsirkan suatu ayat beliau
selalu menyebutkan periwayatan sanad.
F. Wafat
Setiap pertemuan ada perpisahan
Setiap kehidupan ada kematian
setiap permulaan ada akhiran
setiap pembukaan ada penutupan
Beliau
akhiri perjalanan di dunia yang fana ini di kota Udwah pada tahun 543 Hijriyah
ketika beliau berusia 75 tahun. Allhumma yarham.
III. PENUTUP
Ibnu
al-‘Arobi adalah seorang ulama’ ahli tafsir yang terkenal dengan kecerdasannya
dan semangatnya mencari ilmu hingga sekarang buku-buku beliau masih digunakan
sebagai buku rujukan hukum, meski beliau bermazhad maliki tapi dalam mengambil
keputusan beliau tidak cenderung fanatic akan mazhadnya dan dalam metode
penafsiran beliau lebih cenderung menggunakan sama dengan metode-metode
ulama-ulama tafsir sebelumnya, namun begitu terdapat juga perbedaan metode di
antara mereka terutama cara penyususnan kitab dan surah, penerangan dalam ayat
hukum serta beberapa masalah yang terdapat perselisihan pendapat dikalangan
ulama dalam menghukumi permasalah tersebut. Wallohu a’lam bish shoab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar