Selasa, 27 Agustus 2013

Biografi Ibnu Al-‘Arobi


    I.        PENDAHULUAN

Dengan berjalannya waktu islam muncul menerangi zaman kejahiliyyahan yang menenggelamkan manusia dalam kesesatan yang nyata, manusia terbuai dengan kenikmatan dunia yang fana melupakan akhirat yang kekal, melupakan pencipta yang haq serta menduakannya dengan berhala-berhala yang hina. Islam muncul menerangi dan menuntun hati manusia menuju kebenaran menggapai ridho ilahi.
Islam terus berkembang pesat menyebar keseluruh semenanjung arab dan daerah sekitarnya, beriring dengan itu pula islam melahirkan ulama’ – ulama’ yang cerdas dalam berbagai disiplin ilmu baik ilmu peradapan islam itu sendiri maupun disiplin ilmu dalam bidang pertanian, geografi , matematika, dan kedokteran.
Salah satu ulama’ cerdas yang dikenal keahliannya dalam bidang hadits dan tafsir adalah Ibnu al-‘Arobi berasal dari Andalusia, sebuah kota yang melahirkan banyak ulama, cendekiawan, dan sastrawan.

 II.        PEMBAHASAN

A.    Biografi Ibnu Al-‘Arobi

 Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Abdullah bin Muhammad Abdullah bin Ahmad bin al-‘Arabi al-Isbili al-Maliki, tapi beliau lebih dikenal sebagai Abu Bakar. Ayahnya adalah seorang ulama fiqh yang terkenal dan begitu pula paman dari ibunya, Abu al-Qasim al-Hasan bin Abi Hafs juga seorang ulama’.
 Ibnu al-Arabi memiliki kesamaan gelar dengan Ibnu Arabi yaitu” al–Sufi”, namun begitu mereka berdua dapat dibedakan dengan alif dan lam. Ibnu al-Arabi mempunyai alif dan lam yang dikenali sebagai ahli tafsir sedangkan Ibnu Arabi tanpa alif dan lam dikenal sebagai ahli sufi.
Ibnu al-Arabi lahir di Sevilla (Isybilia) hari kamis 22 Sya’ban 468 Hijriah dan besar di Andalusia ditengah keluarga yang yang memiliki kedudukan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan dibesarkan dalam suasana keilmuan, oleh karena itu, tidaklah heran kalau beliau mempunyai keperibadian yang mulia serta pengetahuan yang tinggi sehingga menjadi salah seorang ulama besar di zamannya. Beliau merupakan seorang yang senang dengan ilmu, beliau belajar ke  Mesir, Yerusalem, Damaskus, dan Baghdad, dan Kudus. Diantara bidang ilmu yang beliau tekuni antara lain; ilmu fiqh, usul fiqh, tafsir, qiro’ah sab’ah, hadits, bahasa Arab dan sebagainya dan beliau bermazhab Maliki.

B.    Guru- Guru Beliau

Beliau belajar kepada banyak guru di antara guru-guru beliau adalah
1.      Abu Bakar Turtus
2.      Abu Abdullah Alkala’i
3.       Abu al-Hasan bin Ali bin Muhammad bin Thabit alhadadi Khawlani seorang qori’
4.       Abu Abdullah Muhammad bin Ali al mazari Tamimi
5.       Abu al-Hasan ibn Sharif
6.       Abu al-Hasan bin Dawud dari Persia
7.      Abul Fateh Nasr bin Ibrahim al-Maqdisi
8.       Al-Hafidz Abu Muhammad hayatulloh bin Ahmed Alkafani Anshari dari Damaskus
9.      dan Abou El Fadl Ahmed bin Ali bin Efrat
10.   Abu Hussein Mubarak bin Abdul-Jabbar Serafi dikenal sebagai Ibnu Taiora
11.  Abu Hassan Ali bin Hussein bin Ali bin Ayyub Bazzaz
12.  Abu Bakar Muhammad bin Ahmed bin Al-Hussein Bin Omar Shaashi Shafei
13.   Abu Hamid al-Ghazali dan banyak lainnya.

C.     Murid- Murid Beliau

a)       Hakim Ayyad bin Musa
b)      Muhammad bin Ayyad
c)      Imam Zahid Abid Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Mujahid Al-Isbiliy
d)      Abu al-Qasim Abdul Rahman bin Mohammed bin Hubaish
e)      Abu al-Hasan Ali bin Atiq Qurtubi
f)       Abu Muhammad Abdul Haq bin Abdul Rahman al-Azdi Kharrat
g)      Abu Muhasan Yusuf bin Abdullah bin Ayyad dan masih banyak lagi yang lainnya.

D.    Kara-Karya beliau:

  1. ‘Aridhotul Ahwadzi fie Syarh ath-thirmidzi
  2. Ahkamul Qur’an
  3. Al-qobas fie syarh mautho’ ibnu anas
  4. An-naskh wal mansukh
  5. Al- inshofu fil masaail khilaf, 20 jilid
  6. A’yanil I’yaan
  7. Al-mahshuul, fie ushulil fiqhi
  8. Kitaabul mutakalim
  9. Qonuunun ta’wiil
  10. Mulja’atun mutafaqhina ila ma’rufah ghowamid an-nahwiyin.

E.      Pengenalan Kitab Ahkam Al-Quran

Kitab Ahkam al-Quran ini merupakan salah satu kitab yang dikarang oleh Ibnu al-Arabi, kitab ini merupakan kitab tafsir ayat-ayat hukum yang dijadikan rujukan dalam mazhab Maliki . Dalam kitab tersebut membahaskan penafsiran dengan mengupas semua surah-surah yang terdapat dalam al-Quran akan tetapi hanya menerangkan secara terperinci ayat-ayat hukum saja.
Kaedah yang digunakan adalah dengan menyebut nama surah, kemudian menyebutkan jumlah ayat yang mengandungi ayat hukum dan seterusnya menerangkannya satu persatu, sebagai contoh: dalam penafsiran surah al-Fatihah ayat pertama terdapat dua masalah hukum, pertama yaitu firman Allah Bismillah… kemudian menyebutkan pendapat ulama dan dalil-dalil mereka kedua: menerangkan hadis-hadis nabi yang berkaitan dengan Bismillah. Ayat kedua ada 5 masalah hukum dan seterusnya sampai selesai tafsiran semua ayat-ayat dalam suatu surah .

Metode Ibnu Al-Arabi Dalam Kitabnya “Ahkam Al-Quran”

1.      Metode Penggunaan Atau Pengaruh Mazhab
Pengaruh mazhab dalam proses penafsiran ayat-ayat hukum merupakan salah satu perkara yang perlu diperhatikan karena itu melibatkan permasalahan hukum dan perbedaan pendapat antara empat mazhab yang masyhur. Tulisan ini akan menjelaskan mazhab yang digunakan oleh Ibnu al-Arabi ketika menyusun penafsiran tentang ayat-ayat hukum dan sejauh manakah pengaruh beliau terhadap mazhab Maliki dalam penafsiran ayat-ayat hukum.
Penelitian dan kajian telah dibuat terhadap kitab Ahkam al-Quran dan penulis mendapati bahwa Ibnu al-Arabi telah berpegang teguh dengan mazhab Maliki secara jelas dan terang, ketika menyelesaikan suatu permasalahan hukum. Terdapat beberapa petunjuk yang menunjukkan beliau banyak terpengaruh dan berpegang dengan mazhabnya yang dapat ditemukan dalam kitab tafsirnya, contoh masalah tersebut dapat dilihat dalam kitabnya mengenai hukum membaca Bismillah dalam solat, beliau memilih mazhab Maliki yang mengatakan bacaan Bismillah dalam solat tidak wajib, kemudian memberikan argument yang menguatkan pendapat tersebut . Di samping itu juga, banyak pendapat-pendapat beliau yang mempertahankan dan mendukung mazhabnya secara terang-terang atau secara sindiran baik dalam aspek ilmu, fiqh, dan sebagainya. Beliau juga akan memilih pendapat mazhabnya sekiranya terdapat perselisihan pendapat diantara ulama tentang suatu masalah .
Namun begitu, beliau tidak sampai ke tahap yang melampaui batas atau fanatik yang terlalu tinggi dari kalangan ulama-ulama dan mujtahid-mujtahid mazhab Maliki. terkadang beliau juga menerima pendapat yang bertentangan dengan mazhabnya sekiranya pendapat itu lebih tepat dan sesuai diamalkan serta dikuatkan dengan dalil-dalil dan bukti-bukti yang empiris dari nas al-Quran atau Sunnah, contohnya pembacaan Amiin bagi ma’mum dalam solat yang imamnya tidak terdengar bacaan Amiinnya, dalam masalah ini beliau berbeda dengan pendapat Imam Malik .
Kesimpulannya, tidak ditemukan secara khusus yang memastikan kefanatikanan Ibnu al-Arabi terhadap mazhabnya dalam kitab tafsirnya secara jelas, begitu juga dari segi kecenderungan beliau dalam menerima pendapat mazhab-mazhab yang lain. Apa yang dapat diketaui adalah, Ibnu al-Arabi sangat terpengaruh dengan mazhabnya dalam penafsirannya terhadap ayat-ayat hukum, tetapi ada kalanya beliau menerima pendapat mazhab lain yang dianggap lebih tepat dan sesuai untuk diamalkan.
2.      Pengaruh Dengan Metode Penafsiran Terdahulu
Jika dilihat secara umumnya Ibnu al-Arabi banyak mengunakan kaedah sendiri dalam menafsirkan ayat-ayat hukum yang terdapat didalam al-Quran. Namun begitu, beliau juga tidak terlepas dari merujuk atau mengunakan kaedah ulama-ulama tafsir yang terdahulu dalam menafsirkan ayat-ayat hukum. Di antara rujukan-rujukan dan metode-metode yang telah digunakan oleh Ibnu al-Arabi adalah seperti berikut :
a)              Metode Tafsir Imam Al-Tobari
Imam al-Tobari merupakan ulama tafsir yang terkenal, beliau dilahirkan sebelum Ibnu al-Arabi dilahirkan. Tidaklah heran kalau Ibnu al-Arabi merujuk dan menggunakan kaedah yang digunakan oleh al-Tobari dalam menafsirkan al-Quran. Sebagai contoh kaedah yang digunakan oleh Imam al-Tobari dalam kitabnya “ Jami’ al- Bayan an Takwil ayi al-Quran”, secara dasarnya Ibnu al-Arabi telah menjadikan tafsir Imam al-Tobari sebagai sumber rujukannya. Adakalanya beliau mengikuti sebagian dari metode yang digunakan oleh Imam al-Tobari atau sebaliknya.
Pada kebiasaannya Ibnu al-Arabi mendukung pendapat Imam al-Tobari yang berpegang dengan al-Quran dan as-Sunnah ketika menerangkan atau menafsirkan suatu ayat hukum . Namun begitu, kadang-kadang mereka berbeda pendapat dari segi cara penyampaian, penggunaan bahasa, pembahagian bab dan penjelasan makna dari suatu perkataan dalam ayat al-Quran. Contohnya, Imam al-Tobari mementingkan penjelasan makna suatu kalimat secara terperinci dan hanya menjelaskan masalah-masalah perselisihan pendapat serta hukum-hukum fiqh secara umum, sedangkan Ibnu al-Arabi mengutamakan penjabaran secara terperinci terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum-hukum fiqh dari menerangkan makna suatu kalimat yang terdapat pada ayat al-Quran.

b)                  Metode Tafsir Imam Al-Jassos
Imam al-Jassos merupakan ulama tafsir yang terkenal dalam mazhab Hanafi dengan kitab tafsirnya yang berjudaul Ahkam al-Quran, nama kitab tafsirnya ini sama dengan kitab Ibnu al-Arabi, walaupun nama kitab mereka sama tetapi tidak semestinya metode yang digunakan juga sama. Dari segi persamaan penggunaan metode, Ibnu al-Arabi dan al-Jassos sama-sama membincangkan tentang ayat-ayat hukum, masalah perselisihan pendapat dan berpegang kepada al-Quran dan as-Sunnah . Adapun dari aspek perbedaan penggunaan metode pula, mereka berbeda dari segi susunan bab, gaya bahasa dan susunan surah, contohnya al-Jassos memulakan tafsirannya dari Bassmalah, kemudian al-Fatihah dan berakhir dengan surah al-Falaq, sedangkan Ibnu al-Arabi memulakan tafsirannya dari Bassmalah dan berakhir dengan surah al-Falaq dan al-Nas sekaligus, al-Jassos dalam menafsirkan suatu ayat beliau selalu menyebutkan periwayatan sanad.

F.     Wafat

Setiap pertemuan ada perpisahan
Setiap kehidupan ada kematian
setiap permulaan ada akhiran
setiap pembukaan ada penutupan
Beliau akhiri perjalanan di dunia yang fana ini di kota Udwah pada tahun 543 Hijriyah ketika beliau berusia 75 tahun. Allhumma yarham.

III.        PENUTUP

Ibnu al-‘Arobi adalah seorang ulama’ ahli tafsir yang terkenal dengan kecerdasannya dan semangatnya mencari ilmu hingga sekarang buku-buku beliau masih digunakan sebagai buku rujukan hukum, meski beliau bermazhad maliki tapi dalam mengambil keputusan beliau tidak cenderung fanatic akan mazhadnya dan dalam metode penafsiran beliau lebih cenderung menggunakan sama dengan metode-metode ulama-ulama tafsir sebelumnya, namun begitu terdapat juga perbedaan metode di antara mereka terutama cara penyususnan kitab dan surah, penerangan dalam ayat hukum serta beberapa masalah yang terdapat perselisihan pendapat dikalangan ulama dalam menghukumi permasalah tersebut. Wallohu a’lam bish shoab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar